Cara Pasang Pagar BRC : Ikuti 5 Langkah Mudah Ini – Langkah ini akan membantu untuk memberi panduan pemasangan pagar BRC tanpa harus memanggil tukang profesional. Pagar BRC atau British Reinforced Concrete merupakan jenis pagar yang dibuat dari bahan baja beton. Pagar ini tersedia dalam beberapa ukuran diameter baja beton. Ukuran yang tersedia di pasaran yaitu dengan diameter 5 mm, 6 mm, 7 mm dan 8 mm sehingga dapat disesuaikan dengan kebutuhan.

Pagar BRC dijual dalam bentuk lembaran atau panel. Panel ini merupakan hasil penyatuan dari beberapa baja beton dimana ujungnya telah dilekukkan sehingga memberikan efek kuat pada pagar. Penyatuan baja beton sehingga membentuk panel dengan menggunakan sistem pengelasan elektrik. Sebelum sampai ke tangan konsumen, pagar BRC telah melalui proses pelapisan atau coating dengan menggunakan sistem electroplating galvanized atau hot dip galvanized. Proses coating ini bertujuan untuk melindungi pagar BRC dari perubahan cuaca dan juga terlindung dari korosi.Jual Pagar BRC SNI Sukses Dinamika Engineering

Cara pasang pagar BRC cukup  mudah sehingga bisa dilakukan sendiri. Untuk dapat memasang pagar BRC dengan baik, diperlukan beberapa asesoris tambahan. Asesoris yang diperlukan yaitu antara lain baut M8 x 80 mm, mur M8, dan juga klem U. Pemasangan pagar BRC dapat dilakukan dengan dua cara yaitu dengan menggunakan bantuan klem U (u-clip) dan baut atau dengan menggunakan metode las listrik. Penggunaan klem U difungsikan untuk menjepit bagian bawah dan bagian atas dari pagar. Apabila menggunakan las listrik, maka pagar BRC dapat langsung ditempelkan ke pipa besi penyangga. Cara ini lebih praktis dan lebih cepat dibandingkan dengan menggunakan klem U.

Keuntungan Menggunakan Pagar BRC

Praktis dan hemat waktu

Keuntungan pertama dalam menggunakan pagar BRC yaitu alasan kepraktisan. Pagar yang tersedia dalam bentuk lembaran atau panel ini siap dipasang tanpa harus merangkai batang-batang beton baja satu per satu. Karena alasan kepraktisan inilah maka pagar BRC banyak menjadi pilihan ketika harus memasang pagar pembatas. Pagar yang sudah berbentuk lembaran juga menjadikan waktu pemasangan pagar lebih singkat dibanding harus merangkai beton baja dari awal.

Hemat biaya

Harga pagar BRC relatif terjangkau bagi banyak pihak. Faktor harga juga menjadi pertimbangan bagi pembeli ketika memutuskan akan membeli suatu jenis pagar. Selain karena harga beli yang relatif murah, waktu pengerjaan yang cukup singkat juga dapat menjadi salah satu faktor penghematan biaya. Selain itu, penghematan juga dapat terjadi karena cara pasang pagar BRC yang cukup mudah sehingga tidak perlu membayar tukang profesional.

Tidak cepat rusak

Pagar BRC dibuat dari baja beton yang berkualitas dengan beberapa pilihan ukuran diameter baja. Hal ini menjadikan pagar BRC bisa bertahan lama atau awet ketika diaplikasikan sebagai pembatas. Perubahan cuaca dan juga korosi tidak cepat merusak pagar BRC karena dalam proses pembuatannya, pagar ini telah dilapisi atau dilakukan proses coating dengan proses electroplating galvanized  ataupun proses hot dip galvanized. Electroplating galvanized memiliki daya tahan selama 4-5 tahun terhadap karat, sedangkan hot dip galvanized memiliki daya tahan yang lebih lama terhadap karat yaitu sekitar 9-10 tahun.

Mudah dibongkar dan dipindahkan

Lembar-lembar pagar BRC cukup mudah ketika harus dibongkar dan dipasang kembali di tempat lain. Pembongkaran cukup dilakukan pada beberapa titik sehingga tidak merusak keseluruhan panel pagar. Cara membongkar pagar BRC lebih mudah dibandingkan dengan cara pasang pagar BRC di awal. Panel-panel pagar BRC yang telah dibongkar bisa digunakan kembali sehingga tidak harus membeli pagar baru. Untuk menciptakan kesan baru, maka dapat dilakukakn pengecatan pada pagar.

BACA JUGA : JUAL KAWAT DURI

5 Langkah Mudah Cara Pasang Pagar BRC

  1. Pengukuran area pemasangan

Langkah pertama untuk memasang pagar BRC adalah mengukur area lahan yang akan dipasangi pagar. Gunakan meteran atau pengukur yang panjang sehingga memudahkan pekerjaan pengukuran.  Pengukuran ini penting agar pembelian pagar sesuai dengan kebutuhan, sehingga tidak terjadi kekurangan bahan atau justru pagar tersisa banyak. Pagar BRC memiliki ukuran panjang standar 2,4 meter setiap lembarnya. Saat panjang area yang akan dipasang pagar sudah diketahui berapa panjangnya, maka dapat dengan mudah dihitung kebutuhan panel pagar BRC yang diperlukan.

  1. Berikan jarak untuk pemasangan tiang pagar

Apabila panjang lahan yang akan dipasang pagar telah selesai diukur, maka langkah selanjutnya adalah membagi area tersebut menjadi beberapa titik. Pembagian area titik ini tergantung dari ukuran pagar BRC yang dibeli. Pada setiap titik, berikan jarak atau ruang untuk memasang tiang pipa besi. Panjang ruang untuk tiang disesuaikan dengan diameter pipa besi yang akan digunakan, apakah menggunakan pipa besi 1,5 inchi atau 2 inchi. Namun jika cara pasang pagar BRC akan menggunakan tiang beton di setiap titik, maka lebar ruang yang diperlukan dapat diperkirakan sendiri sesuai dengan lebar tiang yang akan dipasang.

  1. Pembuatan lubang untuk tiang

Pada setiap titik yang telah ditentukan, perlu dilakukan penggalian untuk membuat lubang. Lubang ini berfungsi untuk mendirikan tiang penyangga pagar BRC. Pembuatan lubang sebaiknya cukup dalam agar tiang menjadi kokoh. Ukuran yang dianjurkan untuk membuat lubang ini adalah pada kedalaman 20 hingga 40 cm dari permukaan tanah yang rata. Kedalaman lubang ini dapat pula disesuaikan dengan ketinggian pagar yang dipasang. Semakin tinggi pagar yang akan dipasang, maka semakin dalam pula lubang yang dibuat untuk tiang pagar.

  1. Pemasangan tiang penyangga pagar

Lubang tiang yang sudah disiapkan selanjutnya akan digunakan untuk menanam tiang penyangga. Pemasangan tiang penyangga ini harus benar-benar tegak karena akan berpengaruh pada cara pasang pagar BRC. Untuk memasang tiang agar benar-benar tegak, maka dapat digunakan waterpas dan tiang ditopang dengan kayu agar tidak begerak. Tiang yang sudah terpasang tegak selanjutnya bagian bawahnya dicor dengan beton bertulang. Pengecoran ini dilakukan agar tiang benar-benar kokoh dan kuat menyangga pagar yang akan dipasang.

  1. Pemasangan pagar BRC

Langkah terakhir yang harus dilakukan tentu saja adalah pemasangan pagar BRC. Pemasangan pagar BRC ini dilakukan beberapa hari setelah pemasangan tiang, Hal ini dikarenakan perlu menunggu agar bagian bawah tiang penyangga yang dicor beton sudah benar-benar kuat untuk menyangga pagar. Apabila tiang penyangga menggunakan pipa besi, maka pemasangan pagar BRC dengan menggunakan klem dan baut. Namun apabila tiang penyangga menggunakan tiang beton, maka pemasangan pagar BRC harus dibantu dengan klem U atau U-clip dan dynabolt ukuran M8.

Fungsi pagar selain sebagai pembatas juga seringkali dimaksudkan untuk menjaga keamanan area di dalam pagar. Selain itu, pagar juga digunakan sebagai faktor penunjang keindahan atau estetika bagi area yang dipagari. Oleh karena itu, pemilihan jenis pagar harus dipertimbangkan dengan baik agar tidak menyesal ketika pagar sudah berhasil didirikan. Pagar BRC menjadi pilihan tepat jika menginginkan pagar yang kuat, dibuat dari bahan berkualitas, harga terjangkau, memiliki desain yang menarik dan pastinya cara pasang pagar BRC yang relatif mudah. Semoga bermanfaat.

Video Cara Pasang Pagar BRC

Untuk melihat video Cara Pasang Pagar BRC silahkan klik link disini.

Bila anda menginginkan informasi lebih lanjut mengenai material pagar BRC bisa langsung hubungi di :
CV. Sukses Dinamika Engineering
Graha Asri Sukodono E-2 Sidoarjo, Jawa Timur
Telepon. 031–588 330 18
Fax. 031–883 2210
Hp. 08123 3535 597
WA/SMS : 08123 3535 597